Pengukuran Listrik - GERAKAN JARUM PENUNJUK

Jarum penunjuk bergerak karena terjadinya perbedaan antara momen penggerak (akibat adanya arus listrik) dengan momen pengontrol. besar momen inilah yang menentukan besar simpangan jarum penunjuk, tetapi karena adanya kelembaban dari peralatan yang bergerak, maka gerakan jarum penunjuk itu dapat bermacam-macam (lihat Gambar 3) tergantung dari besar kelembaban dan redaman yang ada.
Gambar 3 Gerakan Jarum Penunjuk


Gerakan Periodik/Redaman Kurang
Terjadi bila momen kelembaban > redaman yang ada. Gerakan jarum penunjuk akan berosilasi di sekitar titik setimbangnya dan secara graduil akan menuju ke titik akhir/setimbangnya.
Gerakan Hampir Periodik
Terjadi apabila gaya gesek hampir mengimbangi besar gaya kelembabannya. Jarum penunjuk akan dapat mencapai titik setimbangnya sesudah beberapa amplitudo saja.
Gerakan Aperiodik/Redaman Kritis
Terjadi jika gaya gesek selalu dapat mengimbangi besar gaya kelembaban, untuk setiap besaran yang diukur.
Simpangan jarum penunjuk tidak menimbulkan amplitudo sampai kedudukan setimbang.
Gerakan Merambat/Redaman Lebih
Terjadi jika gaya gesek dan kelembabannya bekerja pada peralatan yang bergerak lebih kuat dibandingkan dengan gaya penggeraknya.
            Gerakan jarum penunjuk tidak menimbulkan amplitudo dan sangat lambat untuk mencapai kedudukan setimbangnya. Untuk alat-alat ukur lazimnya menggunakan peredaman yang sedikit kurang (lihat kurve 5 dalam Gambar 4).
Gambar 4


Subscribe to receive free email updates: